Breaking News

Tanya Dokter Spog Online Tentang Jenis Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Bumil


Tanya Dokter Spog Online Tentang Jenis Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Bumil - Wanita yang sedang hamil memang dianjurkan untuk mengurangi aktivitas fisik yang berat, karena nantinya bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Hanya saja bagaimanapun aktivitas fisik tetap penting dilakukan untuk membuat Anda tetap bugar, bahkan meskipun tengah mengandung. Namun sebaiknya tanya dokter Spog online mengenai jenis olahraga yang pada dasarnya aman dilakukan oleh wanita yang sedang hamil.



Olahraga selama masa kehamilan ini pada dasarnya memiliki banyak sekali manfaat, mulai diantaranya adalah menjaga kebugaran, kemudian juga membantu agar tidak mudah sakit atau terserang infeksi, apalagi ketika sedang mengandung, sampai dengan membantu untuk memperlancar persalinan. Khususnya ketika sudah memasuki trimester ketiga, maka dianjurkan untuk rutin berolahraga sehingga nantinya wanita yang mengharapkan persalinan berjalan secara normal juga akan mudah tercapai.

Hanya saja memang tidak semua jenis olahraga aman untuk dilakukan wanita yang sedang hamil. Ada beberapa jenis olahraga yang justru dilarang untuk dilakukan bumil, diantaranya adalah:

  1. Olahraga kontak, yaitu olahraga secara kontak yang beresiko tinggi untuk meningkatkan cedera, seperti diantaranya adalah bermain bola voli, kemudian juga basket. Jenis olahraga yang semacam ini memang mengharuskan Anda untuk bertanding dengan orang lain. Tentunya ada resiko seperti diantaranya adalah senggolan yang kasar, pukulan bola dan sejenisnya. Mulai trimester pertama bagi Anda yang gemar melakukan jenis olahraga ini sebaiknya sudah harus mulai menjauhi.
  2. Olahraga dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, biasanya jenis olahraga dengan tujuan yang satu ini termasuk dalam olahraga yang berat, sehingga difungsikan untuk membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh. Sangat mungkin memang jika seandainya bumil tidak percaya diri dengan berat badan yang sekarang ini. Namun alangkah baiknya tidak menerapkan pola latihan yang berat dalam menurunkan berat badan, sehingga membahayakan bagi bayi yang dikandung.
  3. Olahraga yang melibatkan keseimbangan, jenis olahraga yang sangat mungkin menyebabkan resiko cedera, ada resiko jatuh pada saat melakukannya, apalagi pada wanita yang sedang hamil. Seperti diantaranya adalah bersepeda, kemudian juga berkuda, menggunakan sepatu roda dan sejenisnya, maka harus dihindari dulu. Misalnya ingin bersepeda, maka alangkah baiknya Anda beralih mengendarai sepeda statis terlebih dahulu.
  4. Olahraga yang berkaitan dengan ketinggian dan juga kedalaman, olahraga semacam ini beresiko tinggi untuk meningkatkan rasa mual, sakit kepala, kelelahan sampai dengan muntah. Apalagi jika seandainya masih memasuki trimester pertama. Selain itu jenis olahraga seperti scuba diving sebaiknya juga harus dihindari terlebih dahulu, karena beresiko tinggi untuk menyebabkan terjadinya dekompresi, sehingga sangat membahayakan bagi kesehatan bumil dan juga janin yang dikandungnya.
  5. Yoga yang dilakukan di tempat panas, sebenarnya yoga ini termasuk dalam olahraga santai yang tetap aman dilakukan oleh wanita yang sedang hamil, namun pemilihan tempat melakukannya juga sangatlah penting untuk diperhatikan. Jangan melakukannya di bawah panas matahari secara langsung. Karena bisa menyebabkan aliran darah nantinya tidak bisa menuju rahim secara normal.
  6. Olahraga-olahraga dengan pose berbaring terlalu lama, diantaranya adalah olahraga dengan pose crunches yang nantinya melibatkan tubuh dari bumil tersebut berbaring cukup lama di atas matras. Jika seandainya ukuran perut semakin membesar, maka jenis olahraga semacam ini justru hanya akan menghambat aliran darah ke kaki dan juga bayi.
Pilih jenis olahraga yang aman tanya dokter Spog online secara mudah lewat aplikasi Halodoc.

Tidak ada komentar