Breaking News

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun Ini Wajib Bunda Tahu untuk Mengetahui Perkembangan Si Kecil


Perkembangan Anak Usia 5 Tahun Ini Wajib Bunda Tahu untuk Mengetahui Perkembangan Si Kecil - Bunda mulai kewalahan menghadapi si kecil yang menjadi makin aktif? Anak anak yang sudah mulai menginjak usia 5 tahun memang lagi aktif aktifnya loh. Biasanya anak menjadi makin kreatif dan mulai berfikir dalam pemecahan masalah yang ia alami. Dari segi fisik pun, anak usia 5 tahun udah ngga terlihat seperti anak bayi lagi nih mom.

Perkembangan fisik, kemampuan berbicara, emosi, dan sebagainya juga sudah makin terlihat. Coba deh bunda perhatikan si kecil! Ia sudah mulai bisa loh diajak buat ngobrol, diberi aturan, serta jadi lebih mandiri. Selain itu, masih ada banyak lagi nih berbagai perkembangan anak usia 5 tahun. Ini dia berbagai jenis perkembangan anak yang perlu bunda tahu.


Berbagai Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Bunda yang memiliki anak usia 5 tahun, perlu mengatahui jenis perkembangan anak di bawah ini loh.

1.        Perkembangan Fisik

Perubahan fisik pada anak usia 5 tahun, akan sangat jelas terlihat dari berat dan tinggi badan anak. Selain itu perkembangan fisik lainnya mencangkup beberapa hal, contohnya seperti,
  • l  Kemampuan koordinasi tubuh
  • l  Mulai berlatih toilet training meski beberapa kali masih mengompol
  • l  Tumbuhnya gigi permanen
  • l  Memiliki keseimbangan yang baik


2.        Perkembangan Kognitif

Di usia ini kemampuan si kecil dalam mengerti dan memahami sesuatu mulai berkembang, misalnya saja seperti:
  • l  Mengenali beberapa warna
  • l  Mulai mengerti angka dan bisa menghitung
  • l  Kemampuan mengingat
  • l  Bisa diajak berbicara serius
  • l  Mampu menjelaskan suatu cerita atau kejadian


3.        Perkembangan Sosial dan Emosional

Bunda mulai khawatir dengan si kecil yang suka main di luar rumah dengan teman temannya? Di usia 5 tahun anak memang sudah mulai mengerti tentang hubungan sosial dan emosional loh. Jadi wajar jika si kecil mulai memiliki beberapa sahabat dalam bermain.

Selain itu, perkembangan kemampuan emosional dan motorik halus anak  juga bisa dilihat dari hobi, imajinasi anak, keinginannya untuk diterima dalam pergaulan, dll. Anak juga mulai terlatih mandiri, bertanggung jawab, sedikit melanggar aturan, dan sebagainya.

4.        Perkembangan Bahasa

Si kecil mulai aktif berbicara dan penasaran dengan berbagai hal? Itu tandanya, kemampuan anak dalam berbahasa cukup baik. Karena di usia ini, normalnya anak sudah mengenal kata kata hingga berjumlah 2.000 an kosa kata loh.

Tentu bunda sering mengalami anak bertanya berbagai pertanyaan sulit, karena rasa keingintahuannya yang tinggi. Namun di fase ini anak sudah mulai mampu menggunakan kata aku, kamu, susunan kalimat yang tepat, serta pengucapannya jelas.

Nah, itu tadi perkembangan anak usia 5 tahun yang perlu bunda ketahui. Namun perlu bunda ingat juga, bahwa setiap anak memiliki kemampuan serta fasenya tersendiri loh dalam menguasai suatu hal. Jadi jangan berfikiran bahwa setiap anak harus memiliki kemampuan yang sama loh ya!

Tidak ada komentar