Breaking News

3 Jenis Pipa PVC yang Menggunakan Standarisasi JIS!

 

3 Jenis Pipa PVC yang Menggunakan Standarisasi JIS! - Kebingungan memilih pipa untuk saluran air di rumah? Maka, Anda disarankan menggunakan pipa PVC (Polyvinyl Chloride) yang berlabel JIS. JIS (Japanese Industrial Standards) sendiri merupakan standar yang digunakan untuk membuat berbagai produk industri asal negara Jepang.

Tentu saja, pipa yang dilabeli dengan standar JIS ini memiliki kualitas yang sangat bagus sekaligus pipanya pun memiliki beberapa ukuran seperti pipa pvc 4 inchi, misalnya.



Selain itu, pipa label JIS ini juga memiliki beragam tipe, di antaranya adalah sebagai berikut:

Tipe PVC kelas AW.

Bisa dikatakan, pipa PVC tipe AW ini memang lebih tebal dibanding pipa jenis lainnya. Ciri khas dari pipa ini adalah mampu menahan tekanan mencapai 10 kg/cm2 sehingga cocok digunakan untuk mengalirkan air bertekanan di rumah. Selain itu, pipa satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk pompa air, saluran air bawah tanah, air kran, saluran penyediaan air rumah tangga, dan masih banyak yang lainnya.

Tipe PVC kelas D.

Berbeda dengan tipe AW, pipa PVC tipe D digunakan untuk air bertekanan sedang karena ketebalannya tidak terlalu tebal dari tipe kelas AW. Namun demikian, pipa satu ini mampu menahan tekanan sampa 5 kg/cm2. Biasanya, pipa jenis ini kerap dimanfaarkan untuk saluran air pembuangan di rumah.

Tipe PVC kelas C.

Jika dibanding dengan PVC tipe AW dan tipe D, maka PVC tipe C ini lebih tipis daripada keduanya. Meskipun lebih tipis, namun pipa jenis ini bisa digunakan untuk menyalurkan air pembuangan sekaligus dijadikan sebagai pelindung kabel listrik di rumah. Selain itu, pipa ini pun sangat tahan lama dan aman digunakan untuk menyalurkan air di rumah.

Itulah dia tipe-tipe pipa PVC yang dibuat berdasarkan pada JIS. Nah, terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki pipa dengan label JIS ini, di antaranya:

  • -          Pipa tidak mudah pecah karena dibuat dari bahan terbaik.
  • -   Tahan terhadap kontaminasi bahan kimia sehingga cocok dipakai pada kondisi asam maupun basa.
  • -          Dibuat dari bahan thermoplastik sehingga penggunaannya bisa didaur ulang kembali.
  • -          Tahan lama bisa mencapai puluhan tahun.
  • -          Dilengkapi dengan fitting yang bisa dipakai untuk menyambungkan pipa.

Jika Anda membutuhkan pipa PVC JIS, silahkan kunjungi website https://www.rucika.co.id/ untuk dapatkan informasi sekaligus harga pipa pvc. Semoga artikelnya bermanfaat!

Tidak ada komentar